Cara Menghemat Uang






Cara Menghemat Uang 

1. Jangan lupa sarapan

Salah satu pengeluaran terbesar dari uang saku adalah untuk keperluan makan atau mengganjal perut. Sangat tidak nyaman jika Anda harus berkatifitas atau belajar di sekolah dengan keadaan perut lapar, karena Anda akan sangat sulit untuk fokus. Oleh sebab itu, biasakan untuk sarapan dengan makanan kontribusi sebanyak 25 persen untuk asupan gizi harian. Artinya, jika Anda tidak sarapan dengan makanan yang bergizi seimbang, maka kemungkinan besar Anda akan menjadi cepat lelah saat beraktifitas pada siang hari. 


2. Jangan malu untuk membawa bekal

Bekal makanan terbukti sangat ampuh membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran uang saku, karena Anda tidak perlu membeli makanan dari luar pada saat makan siang tiba. 
3. Hidup itu murah, yang mahal itu adalah gaya hidup Sebenarnya pengeluaran untuk aktifitas sehari-hari pada saat bersekolah tidak banyak. Pengeluaran uang saku terbesar adalah pada gaya hidup. Anda tidak perlu membeli keperluan mahal jika Anda bisa menemukan benda lain yang memiliki fungsi sama namun harganya murah. 


4. Gunakan semua fasilitas gratisan

Jangan segan untuk menggunakan semua fasilitas gratisan. Ada banyak fasilitas gratis untuk pelajar yang biasanya tersedia di sekolah, misalnya wifi gratis, dringking fountain gratis dan baca buku gratis di perpustakaan sebagai referensi tugas sekolah. Demikian juga dengan transport Anda bisa menggunakan bis sekolah yang telah disediakan oleh pemerintah.


5. Kerja paruh waktu

Jika Anda pintar mengatur waktu, maka Anda juga dapat mempertimbangkan untuk bekerja paruh waktu.


6. Menabunglah sebelum Anda menghabiskannya 


Sisihkan sedikit uang saku Anda untuk ditabung, entah di tabung di celengan atau di bank. Hasil tabungan dapat Anda gunakan untuk keperluan lainnya, seperti membeli laptop atau kebutuhan sekolah. 

Demikian cara menghemat uang saku yang dapat digunakan oleh pelajar. Semoga bermanfaat!