Cara Mudah Bermain Gitar



Cara Mudah Bermain Gitar

apakah kalian bisa bermain gitar ? Bagaimana sih cara belajar gitar yang mudah ? Belajar gitar itu adalah suatu perkara yang susah tapi gampang loh. Terkadang ada orang yang telah mempunyai bakat untuk dapat bermain gitar sehingga sangat mudah ketika belajar gitar. Namun ada pula orang yang kurang berbakat dalam bermain gitar sehingga pada saat belajar gitar agak sulit untuk menguasainya.


Namun kamu tidak perlu putus asa jika kamu belum bisa bermain gitar, karena keberhasilan dalam belajar gitar bisa kamu kuasai dengan cepat walaupun kamu tidak berbakat bermain gitar. Bagaimana caranya ?
Nah dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai cara belajar gitar yang mudah untuk kamu yang masih pemula. Kita juga akan memberikan penjelasan mengenai kunci-kunci gitar dengan lengkap.
Sebelum kita berbagi tips mengenai cara bermain gitar yang muda, kamu harus mempelajari terlebih dahulu kunci-kunci dasar dalam bermain gitar. 

Cara Menyetem Gitar Manual

Sebenarnya metode ini sangatlah mudah untuk dilakukan, akan tetapi pada kenyataannya sering kali menyebabkan para pemula kebingungan. Mengapa bisa demikian ?
Karena kita harus melatih pendengaran kita dan kepekaan terhadap nadanya.
  1. Tekan senar 6 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  2. Tekan senar 5 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  3. Tekan senar 4 pada fret ke-5 kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  4. Tekan senar 3 pada fret ke-4, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
  5. Tekan senar 2 pada fret ke-5, sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
Gimana ? Sangat mudahkan menyetem gitar dengan cara manual ? Kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah diatas. Akan tetapi faktor terpentingnya adalah pendengaran. Kamu harus mendengarkan nada yang keluar dengan sangat teliti.

Cara Menyetem Gitar dengan Tuning Standar

Mengapa harus menggunakan tuning standar ? Karena tuning banyak sekali digunakan gitaris dan umumnya lagu-lagu yang beredar di pasaran menggunakan steman standar seperti ini.
Lalu bagaimana caranya menyetem supaya tuning kita menjadi standar tanpa menggunakan alat bantuk seperti tuner ini ? Langkah yang paling mudah adalah dengan mencocokan secara langsung dengan lagu yang telah kita dengar.
Dalam hal ini, carilah dan kemudian dengarkan lagu yang intro atau awalnya dimulai dari chord E. Karena dengan chord tersebut kita dapat mengetahui nada E tanpa dipetik atau nada open string.
Band yang sering menggunakan chord E sebagai chord awal lagunya adalah Peterpan, seperti pada lagunya yang berjudul Mimpi yang Sempurna, Tak Bisakah, Bintang di Surga.
Udah Abaikan Artikel Ini..